Dokumen Beasiswa: Surat Berbadan Sehat, Bebas Narkoba, Bebas TBC

Sejak tanggal 28 april 2015, Beasiswa Pendidikan Indonesia dari LPDP mensyaratkan dokumen tambahan salah satunya adalah surat keterangan sehat yang wajib dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah. Nah gimana prosedur pengurusan surat keterangan sehat ini, berikut gw kasih info sekaligus beberapa tips dan trik.

Okay, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi setiap orang mungkin berbeda cara pengurusannya dari mulai waktu, tempat, sampe mood si petugas rumah sakit. Tapi sebagai gambaran akan gw ceritakan dari mulai awal pendaftaran sampe si surat itu ada di tangan.


Photo by: rshs.or.id
Untuk scholarship hunter yang ada di Bandung, bisa mengurusnya di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Buat yang pertama kali kesana, langsung aja ke gedung Diagnostic dan Cardiac Center (foto atas) di jalan pasirkaliki. Untuk medical check-up ada di lantai 4, seluruh proses pendaftaran sampai pembayaran disana kok. Biar kebayang letak gedungnya itu ditandai lingkaran hijau di peta berikut:
Map by Google

Pertanyaannya: gimana tahapan pengurusan surat keterangan berbadan sehat, bebas narkoba, dan bebas TBC? 
Pertama, ambil nomor antrian di layar monitor deket petugas administrasi. Ini penting buat proses pendaftaran. Ketika kita dipanggil sama petugas, tinggal bilang aja mau urus surat sehat buat beasiswa LPDP Dalam/Luar Negri. Mereka udah ngerti banget kok dan diurusin semua yang perlu dilakukan.
Tips: Pastikan sebut tujuan beasiswa ke dalam atau luar negri ya. Karena surat yang dibutuhkan untuk tujuan dalam negri hanya surat keterangan sehat dan bebas narkoba. Sementara tujuan luar negri LPDP mensyaratkan tambahan surat bebas TBC.

Kedua, administrasi kelar lanjut proses pembayaran. Nggak perlu keluar gedung atau turun/naik lantai, pembayarannya ada di deket tempat duduk antrian. Disitu ada petugas dari bank Mandiri, tapi tenang aja kita bisa bayar cash kok. Jumlah yang perlu dikeluarkan (as of 6 Oct 2015) adalah Rp. 380.000,- termasuk biaya pendaftaran dan biaya radiologi/radioterapi sebesar Rp. 85.000,- untuk surat bebas TBC. Kalo tujuan universitas dalam negri mungkin lebih murah dari segitu. Tapi sediain uang lebih ya, kali aja biayanya berubah.

Ketiga, ini tahapan yang utama, sekaligus tahap yang ribet seribet-ribetnya. kenapa gw bilang ribet, karena sistemnya pada waktu itu masih jelek. Nggak ada standar prosedur pemeriksaan, jadi kita musti banyak tanya sama petugas administrasinya (untung petugasnya ramah-ramah). pengalaman gw sih, waktu itu gw nyelonong aja kasih kertas pengantar pemeriksaan ke petugas buat cek urin.
Trik: pede, banyak tanya ke petugas baik petugas admin maupun petugas yg meriksa. kalo mereka nyuruh kita nunggu, bilang aja dari tadi udah nungggu tapi belum ada panggilan terus (meski nunggunya paling baru 5 menit :P). Trust me, it worked!
Secara umum, proses pemeriksaan mencakup:
1. Surat keterangan sehat: cek tinggi, berat badan, tensi, buta warna. Setelah itu, wawancara dengan dokter umum sekaligus pemeriksaan akhir seperti periksa lidah/tenggorokan, rona muka (no joking, gw sempet dibilang merah2 muka nya. mungkin grogi kali ketemu dokter cantik. eaaaa), terus diteken2 perut (kalo sakit di daerah perut bilang aja sakit, kl gw pas diperiksa ini ketawa-ketawa karna geli. memalukan emang sampe dokternya juga ikutan ketawa). 
2. Surat Bebas Narkoba: tes urin aja, setelah itu wawancara sama psikolog tentang riwayat penggunaan obat-obatan sampe kebiasaan merokok. 
3. Surat Bebas TBC: Nah kalo yang ini kita musti pergi ke gedung radiologi buat di rontgen (X-Ray). Kita cuma tinggal taruh kertas pengantar pemeriksaan di tempat khusus yg ada di samping pintu. tanya aja ke petugas atau pasien lain (pasien umum juga ada lho). awalnya agak sedikit ragu sih cuma naroh gitu aja, tapi ntr ada petugas khusus di dalem ruangannya ambil kertas itu dan panggil nama kita buat masuk. diperiksa paling lama 10 menit.
Untuk tahapan mana dulu yang diperiksa tiap orang pasti beda. nanti juga kita diarahin kemana-mananya. misal abis ngasih sampel urin, petuganya bakal nyuruh kita ke radiologi, dst. Intinya banyak-banyak nanya.

Keempat, Kalo semua proses pemeriksaan sudah dijalani, tinggal nunggu hasilnya aja kok. Untuk program beasiswa LPDP tujuan dalam negri bisa 1 hari aja ngurusnya kalo dateng pagi. tapi untuk tujuan luar negri minimal 2 hari karena hasil X-ray keluar paling cepet 2 hari. 

Kelima, Hasil udah keluar tinggal minta legalisir aja, gratis! paling kita musti fotokopi sendiri. Fotokopi masing-masing surat 5 lembar cukup kok.
Tips: Jangan fotokopi di dalem gedung rumah sakit karena pasti penuh, mana antriannya kaga beraturan pula kayak lalat gerombolin sampah aja (no offense). Cari aja di luar gedung di jalan pasirkaliki ada tuh tinggal nyebrang terus jalan dikit. 
Serahin lembar fotokopi ke masing-masing unit, surat berbadan sehat ke petugas MCU, surat bebas narkoba ke bapak-bapak/mbak-mbak yang pas ambil hasil tes narkoba (ada di gedung lantai 1 lupa nama gedungnya. pokonya di sebelah gedung tempat tes MCU), surat bebas TBC ke loket radiologi.
Tips: kalo legalisir surat keterangan sehat sama bebas narkoba mah gampang, yang tricky itu legalisir surat bebas TBC ke radiologi. kita dituntut banget buat c.e.r.e.w.e.t (itu kalo kalian mau cepet ya), soalnya tanda tangan dokternya musti si petugas itu yg ambil dan dilantai atas pula, mana mereka sibuk bgt ngurusin hasil X-ray semua pasien se-rumah sakit hasan sadikin. so, ga apa-apa dibilangin cerewet atau apalah yang penting kelar. kadang si ibu itu nyindir tapi halus kok, bahasanya nggak nyesek di dada :))

That's it... seperti itu lah pengalaman mengurus salah satu kelengkapan dokumen beasiswa LPDP. Ribet? iya. tapi segala sesuatu kalo cuma dipikirin kaga bakalan kelar. tahapan paling sulit itu memulai segala sesuatu. kadang kita dituntut untuk punya keberanian menapaki satu langkah awal (cieee... jadi sok pujangga nih). tapi beneran kalo udah di tengah2 proses, tinggal jalani aja tau-tau udah selesai dan kita dapet salah satu dokumen persyaratan. so, mulai dari sekarang !!!

Ini hasil scan surat2 tersebut (click the picture to enlarge):
Surat Keterangan Berbadan Sehat

Surat Keterangan Bebas Narkoba


Surat Keterangan Bebas TBC